08 Januari 2018

Chuan Jr. (Part I)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil 'alamin assholatu wassalamu 'ala asyrofil ambiya'i wal mursalin, wa'ala alihi wasohbihi ajma'in 'amma ba'du.

Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadrat Allah SWT atas limpahan nikmat, rahmat  sertakarunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian, terutama nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat wal'afiat serta nikmat panjang umur.

Sholawat dan salam tidak lupa kita mohonkan kehadirat Allah SWT semoga tercurah keharibaan junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya dan para pengikutnya, semoga kita semua khususnya akan mendapatkan Syafaat Baginda Rosululloh di yaumil qiyamah nanti. Amiin Ya Robbal A'lamin.

Pertama-tama saya perkenalkan diri saya pribadi
Nama           : Cucu Aan Sukrandi
Alamat         : Kp. Sangiang teras RT.04/RW.02
                        Ds. Karang mulya
                        Kec. Jamanis 46175
                        Kab. Tasikmalaya Jawa Barat
Tgl Lahir      : 20 Mei 1982
Agama         : Islam

     Dalam kesempatan ini saya mencoba utk menulis beberapa kata tentang saya sendiri, Insya Alloh kedepannya meliputi keluarga kecil saya.
             Saya dilahirkan di Tasikmalaya, tepatnya di salah satu desa yg lumayan asri, belum banyak polusi,orang-orangnya ramah dan religi. 
Aku dilahirkan dari kalangan sederhana dari ayah yg bernama Bpk. Edi dan Ibu Toto, beliau-beliau sekarang sudah tiada, sejak kecil kira-kira saya kelas 3 SD ibu sudah meninggal, dan ayahku meninggal pada tanggal 5 November 2013 lalu.
            Pendidikan saya:
SD      : SD Negeri Argasari 2 (1990-1996)
SLTP  : SLTP Negeri 1 Jamanis (1996-1999)
SMK  : SMK Negeri 2 Tasikmalaya (1999-2002)
Pendidikanku tak berlanjut ke jenjang yg lebih tinggi lagi, karena saya tau biaya pendidikan itu mahal, setamatnya sekolah pun saya belajar mencari nafkah sendiri dengan cara bekerja menggunakan lamaran ijazah terakhir saya.
Pertama kali saya kerja di salah satu reato di daerah saya sendiri dgn upah 250rb perbulan, disitu saya tau bagaimana cara menyambung hidup dan hidup di alam yg sebenarnya, aku harus belajar mandiri karena aku tau hidup itu tak semudah membalikan telapak tangan. Belajar cari rezeki sendiri tanpa terus meminta pada org tua dimana pada waktu itu ayah saya masih ada.., beberapa kali saya keluar masuk tempat kerja yg berbeda, mksudnya ingin mencari penghasilan yg lebih menunjang lagi utk biaya kehidupan saya, sehingga sekitar tahun 2004 saya memberanikan diri mencari nafkah ke jakarta, disitu saya tau, kehidupan di jakarta tuh beda jauh sama di tempat sendiri, disitu pelajaran hidup saya makin bertambah, ternyata hidup itu harus kuat, jangan kalah sama keras nya kehidupan di kota metropolitan.
          Pertama saya merantau di jakarta, saya masih tetap di bidang resto, hanya sebagai pelayan makanan untuk tamu, dari waktu ke waktu saya iseng tiap pagi malam jam 10 malam sehabis kerja, saya selalu cuciin mobil belanjaan, keseringan begitu ternyata tingkah laku saya itu di lihat sama atasan saya, mungkin nasib nya harus berubah, tak lama kemudian aku ditawarin jd driver perusahaan itu, aku sama sekali belum faham cara mengoperasikan mesin mobil, tapi mungkin ini udah jalan hidup kedepannya saya memberanikan diri dan akhirnya saya di ajarin sama kakak kerja saya dan dibuatin SIM A, cerita soal pekerjaan saya yg baru ini banyak suka dan duka nya, suka nya saya sama sekali gak bermimpi bisa menjalankan mobil dan akhirnya bisa juga, cerita duka nya pun banyak, dari nabrak pilar pintu, nyenggol mobil orang, sampai polisi nilang pun saya terlampau sering, bagaimana bisa? Ya, maklum hanya seminggu dilatih, udah itu di lepas.. ya teori2 nya pun belum begitu faham 100%. Tapi selain dilatih orang, belajar otodidak pun saya pelajari sehingga gak butuh waktu lama saya bisa lancar dan ngebut di jalanan :D
          Nah dari cerita itu saya sudah mempunyai ilmu berkendara, sehingga saya mencoba kembali mencari keberuntungan yg lain dari hasil mengemudi.
Cilandak, cireundeu tangerang sudah saya coba, cibubur, puncak pun sempet aku coba. Tapi cape juga kerja driver di resto, pagi start, finishnya malam.. gitu2 melulu hingga saya jenuh dgn pekerjaan seperti itu, saya ditawarin kerja driver lain di daerah pasar minggu jakarta selatan sebagai sopir pribadi.. pertama kali aku kerja seperti itu, cara-cara lain pun aku pelajari seperti layaknya pada boss, tapi aku gak srek sama boss nya, terlalu cerewet, tp baik juga sih.. Akhirnya aku hengkang dan pindah ke bekasi, disana saya kerja cukup lama, kerja tim juga sehingga tak begitu jenuh dgn keseharianku karena banyak teman-teman disana, selama hampir 6 tahun mulai dari mendirikan perusahaan sampe akhirnya perusahaan nya jatuh aku masih setia disitu, keluarga yg aku hormati itu udah layaknya keluarga ku sendiri, sampai perusahaannya jatuh hingga penghasilanku terpotong hingga hampir setengahnya.. dan akupun gak tega juga lihat boss saya yg lagi jatuh tp saya masih makan gaji buta, gak ada kegiatan sama sekali, lagian kehidupanku pun sangat kurang sekali buat biaya hidup keluarga saya, dan akhirnya saya keluar dari pekerjaan itu. Pindah dari bekasi saya kerja di pondok bambu jakarta timur, tapi gak lama paling 3 bulan, galaknya minta ampun, maklum org batak, cara bahasanya pun gak sesuai dgn cara bicara org sunda yg penuh kelembutan.., dari situ saya mencoba ikut promo kerja bagi hasil, seperti MLM lah cara kerja nya, ikut dgn mengisi saham ke perusahaan itu lalu minggu depannya berlipat hingga 25-40% setiap untungnya. Saking enaknya ikut kerja seperti itu, gak cape, tinggal nunggu hasil.. makin banyak modal makin banyak untung yg didapat, maka dgn penuh keyakinan, aku kuras seluruh perhiasan istriku (pada waktu itu saya sudah berkeluarga), aku pinjam sini situ hingga akhirnya pundi-pundi rupiah pun makin banyak, bagi saya sebagai org kelas bawah, seminggu dapat net 3jt itu udah dibilang woow.. hingga akhirnya nasib pun berubah lagi setelah semua modal aku serahkan semuanya dan perusahaan itu gulung tikar, sekitar Rp.xxJt pun melayang gak keambil sepeser pun.. akhirnya apa yg aku dapat? Hutang di mana-mana.. :( 
             Terakhir saya kerja sampai sekarang masih aktif setelah sekian lama aku menganggur, saya kerja di salah satu kantor arsitektur di bandung, alhamdulillah kerja tim juga hingga gak terlalu jenuh dgn kerjaan seperti ini.
Sedikit demi sesikit dari hasil gaji tiap bulan pun aku bagi-bagi.. ada buat bayar cicilan hutang, ada buat jajan anak-anak, ada juga buat resiko istri. Kadang tekor, gak cukup..tapi di syukuri aja..mungkin ini cobaan utk aku biar terus belajar sederhana.







          Sekian dulu ceritanya, mungkin gak rame..tapi itu sebagian kecil kehidupan aku yg aku sendiri cerita ini adalah kisah berharga dan perjuanganku yg belum selesai.
Mohon maaf jika ada salah-salah kata dlm penulisan, maklum acara dadakan.. sekiranya otak ke kanan ya aku ikutin ke kanan.. jd mohon maaf aja jika ada kesalahan atau kata yg tak pantas,  tamba kesel daripada melamun mending bikin cerita di blog.. :) 
Edit kata masih berlaku kok, tenang aja :)
Hatur nuhun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar